Jl.Kenanga RT.06 RW.09 Kelurahan Landasan Ulin Timur
(0511) 4705080
admin@kec-landasanulin.banjarbarukota.go.id

Kegiatan Donor Darah di Kelurahan Syamsudin Noor

Landasan Ulin-Kecamatan Landasan Ulin bekerjasama dengan PMI Kota Banjarbaru dan Unit Transfusi Darah RSID Kota Banjarbaru mengadakan kegiatan Donor Darah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari jum’at, tanggal 23 November 2018 bertempat di aula kantor Lurah Syamsudin Noor pukul 08.00 sd 10.30 WITA.

Sebelum kegiatan donor darah dimulai, dilaksanakan senam bersama di halaman Kantor Lurah Syamsudin Noor. Kemudian dilakukan pengecekan kesehatan pendonor yang merupakan SOP sebelum dilaksanakan donor darah. Pengecekan kesehatan mulai dari tensi darah hingga kadar Hemoglobin pendonor. Selain itu darah yang sudah di donorkan akan diuji LAB penyakit menular.

Semua darah yang didapat dari para donor dicek penyakit yang sekiranya bisa menular lewat tranfusi darah. Sesuai dengan keputusan dari WHO penyakit yang dicek tersebut adalah :
a. HIV
b. SYPHILIS / RAJASINGA / TREPONEMA
c. HEPATITIS B
d. HEPATITIS C
PMI harus memastikan bahwa semua darah yang didistribusikan ke pasien adalah darah yang tidak terjangkit dari penyakit tsb diatas, jika ada darah yg terdeteksi terjangkit penyakit tersebut, maka darahnya dipilah untuk dimusnahkan.

Mendonorkan darah memiliki banyak manfaat di antaranya bisa merangsang sumsum tulang tetap keadaan aktif. Darah yang didonorkan sekitar 350 cc akan digantikan dengan 350 cc darah baru yang mempunyai fungsi dan kekuatan lebih optimal guna mengangkut nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh sehingga tubuh secara umum akan terjaga kesehatannya.

Camat Landasan Ulin Bpk.Drs.H.Abdul Malik, M.Si turut mendonorkan darah pada kegiatan tersebut. Selain masyarakat wilayah Kelurahan Syamsudin Noor, para pegawai lingkup Kecamatan Landasan Ulin juga turut mendonorkan darah. Diharapkan kegiatan ini bisa menjadi contoh yang baik bagi masyarakat lainnya. Kegiatan ini sangat membantu proses pembelajaran dalam hal kegiatan sosial. Donor darah adalah bentuk keprihatinan kita semuanya atas kekurangan darah segar yang selalu dialami PMI. (Admin-KLU)

 

No Comments

Add your comment