Jl.Kenanga RT.06 RW.09 Kelurahan Landasan Ulin Timur
(0511) 4705080
admin@kec-landasanulin.banjarbarukota.go.id

Camat Membuka Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan

Kecamatan Landasan Ulin

Camat Membuka Sosialisasi Pencegahan Kekerasan Terhadap Perempuan

Kamis, 15 Juli 2021 bertempat di Aula Kecamatan Landasan Ulin, Camat Landasan Ulin Bapak Subhan, S.Sos, M.AP membuka acara sosialisasi pencegahan kekerasan terhadap perempuan yang dilaksanakan oleh Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pengendalian Masyarakat, Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Banjarbaru.

Peserta pada acara tersebut di ikuti oleh warga atau masyarakat lingkup kecamatan landasan ulin sebanyak 4 (empat) orang di setiap masing-masing kelurahannya. Sedangkan narasumber untuk sosialisasi tersebut berasal dari Pokja I PKK Kota Banjarbaru Ibu Husnul Khatimah dan Puspaga Kota Banjarbaru (Psikolog) Ibu Meydisa D. Tanaw.

Dalam pembukaannya, Camat Landasan Ulin Bapak Subhan, S.Sos, M.AP menyampaikan tindak kekerasan terhadap perempuan merupakan suatu tindakan yang mengakibatkan kesengsaraan dan penderitaan bagi perempuan baik secara psikologis, fisik dan seksual termasuk ancaman tindakan tertentu, baik yang terjadi di depan umum atau dalam lingkungan kehidupan pribadi, ujarnya.

Lebih lanjut beliau mengatakan kekerasan terhadap perempuan perlu ditangani secara komprehensif, tidak saja menjadi tanggung jawab pemerintah tetapi juga diperlukan keterlibatan organisasi perempuan dalam pencegahan tindak kekerasan terhadap perempuan ini, tambahnya.

Sementara itu, narasumber menyampaikan tindakan pencegahan dapat dimulai dari lingkup terkecil yakni dalam keluarga sendiri dan dilingkungan sekitar seperti edukasi masyarakat baik tatap muka maupun melalui media sosial, kampanye, home visit bagi keluarga rentan dan masih banyak lagi. Tantangan kedepan seperti belum optimalnya dalam menjalankan sistem perlindungan (pencegahan dan penanganan) perempuan (Top Down dan button up) sehingga mampu menurunkan angka kekerasan terhadap perempuan.  (***/jst)

 

 

No Comments

Add your comment